Cak Thoriq di Banjarwaru I : Imam Sholat Jum’at di Al-Ula Dan Serap Aspirasi Masyarakat



Bupati Lumajang, Thoriqul Haq melaksanakan safari Jum’at di Desa Banjarwaru pada 24 Januari 2020 bersama Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Dinas Pariwisata. Seperti biasanya, setelah menjadi imam sholat Jumat di masjid Al-Ula, Cak Thoriq melakukan dialog dengan masyarakat guna menyerap aspirasi dan mengetahui permasalahan yang sedang terjadi ditengah – tengah masyarakat.

"Terkait SD Impres yang menjadi salah satu program Pak Samsul, Kades Banjarwaru saat kampanye di Pilkades kemarin apakah bisa SD itu dikelola oleh Pak Kades baru ini sementara terdapat rumor bahwa SD impres tersebut akan digunakan oleh Dinas Sosial yang akan dijadikan rumah singgah para gelandangan dan orang dengan gangguan jiwa (ODGJ)" pertanyaan dari salah satu jama'ah Sholat Jum'at. "Sedikit bocoran saja, Pak Inggi ini sudah dua kali berdiskusi dengan Saya dipendopo dan alhamdulillah saya bisa meluangkan waktu dan Pak Inggi bisa menyesuaikan waktunya insyaallah setelah sholat jumat ini Saya beserta rombongan meninjau langsung SD impres tapi dengan melihat proposalnya saya sangat tertarik dengan gambar perencanaanya" jawab Bapak Bupati.

Diskusi selanjutnya diutarakan oleh Kepala Dinas Pertanian yang menyatakan bahwa masih terdapat kesenjangan antara jumlah petani dengan Jumlah anggota kelompok tani yang ada di Desa Banjarwaru. Chak Thoriq menghimbau agar seluruh petani yang ada di Desa Banjarwaru mau mendaftarkan diri menjadi kelompok tani untuk mendapatkan subsidi pupuk. Kemudian Bapak Bupati juga menyampaikan bahwa saat ini, Beliau sedang mengusahakan program untuk memfasilitasi para petani untuk beralih dari pertanian non organik menjadi organik tujuannya adalah untuk meningkatakan kesejahteraan petani, hal ini dikarenakan harga outputnya menjadi lebih tinggi selain itu dan agar tidak tergantung dengan pupuk kimia sehingga pertaniannya lebih sehat.

Kemudian penyampaian oleh Kepala Desa Banjarwaru mengenai permasalahan banjir dan penerangan yang sudah dapat teratasi. Sementara untuk masalah TPS masih dalam pencarian lahannya. Bupati menghimbau agar lahannya jauh dari pemukiman warga. Dan Cak Thoriq menutup dialog dengan memberikan pesan, bahwa semangat gotong royong harus dibangun kembali. (frd)

Posting Komentar

0 Komentar