BANJARWARU Better Life

Sosialisasi Stop Rokok Ilegal di Banjarwaru




Kepala Desa Banjarwaru melakukan sosialisasi "Stop Rokok Ilegal" kepada masyarakat Desa Banjarwaru dan pedagang rokok dengan mendatangi warung-warung kelontong yang ada di wilayah Desa Banjarwaru untuk mencegah beredarnya rokok ilegal di wilayah Desa Banjarwaru.

Hari ini, Jum'at, 5 November 2021, Kepala Desa Banjarwaru bensama KIM Banjarwaru mendatangi warga dan pedagang rokok di wilayah Desa Banjarwaru untuk memberi edukasi tentang rokok ilegal kepada warga dan pedagang rokok. Kades Banjarwaru Samsul Arifin, S.Pt. terjun sendiri dalam sosialisasi ini untuk medukung program Bea Cukai dalam memberantas peredaran rokok ilegal, khususnya di wilayah Desa Banjarwaru.

Aksi turun langsung kades muda ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakatnya dan pedagang rokok terkait peredaran rokok ilegal, Samsul juga menjelaskan ciri-ciri rokok ilegal, yaitu rokok dengan pita cukai palsu, rokok dengan pita cukai tidak sesuai jenis dan golongannya, rokok dengan pita cukai bekas, rokok polos atau tanpa pita cukai. 

Dengan mengendarai sepeda, kades muda ini keliling bersosialisasi "Stop Rokok Ilegal", selain mengedukasi warga dan pedagang rokok, Samsul Arifin juga menempelkan poster "Stop Rokok Ilegal" di warung kelontong yang beliau datangi. Samsul juga menghimbau untuk melaporkan jika ada peredaran rokok ilegal di Desa Banjarwaru.

Dalam edukasi yang dilakukan, kades yang terkenal gaul ini juga menjelaskan akan bahaya mengedarkan rokok ilegal, karena melanggar Undang-undang No. 39 Tahun 2007 perubahan atas Undang-undang No. 11 Tahun 1995 tentang Cukai, dengan ancaman pidana 5 tahun penjara.

Samsul Arifin, S.Pt. mengatakan bahwa hal ini adalah tanggung jawab bersama, bukan hanya pemerintah saja atau warga saja, tapi warga dan Pemerintah Desa Banjarwaru harus bekerja bersama-sama untuk menciptakan lingkungan yang tertib dan aman.

Masyarakat  dan pedagang rokok sangat antusias dengan kegiatan sosialisasi ini, selain mereka jadi tau ciri-ciri rokok ilegal dan hukuman yang mengancam pengedarnya, edukasi ini juga untuk kenyamanan dan keteriban di wilayah Desa Banjarwaru. 

Apabila masyarakat melihat peredaran rokok ilegal, bisa melaporkan ke Kantor Bea Cukai Probolinggo ke nomor telepon (0335) 4218633 atau telepon langsung melalui Bravo Bea Cukai 1500225, atau datang ke Kantor Desa Banjarwaru khusus wilayah Banjarwaru saja.

Berikut video terkait kegiatan sosialisasi tersebut.




Posting Komentar

0 Komentar